Artikel Menarik
Loading...
Saturday, October 1, 2016

Apa sih hukum pidana itu?

Sedikit menguraikan mengenai apa itu hukum pidana
Kalau orang berbicara mengenai sesuatu hal, biasanya akan memberikan suatu definisi untuk menjelaskan. Namun hukum pidana ini tidak ada satupun rumusan di antara rumusan-rumusan yang ada, yang dapat dianggap sebagai rumusan yang sempurna yang dapat diberlakukan secara umum mengenai hukum pidana.

Maka saya hanya menuliskan beberapa pengertian hukum pidana dari pendapat-pendapat ahli diantaranya :

Menurut Profesor Doktor W.L.G Lemaire[1]
yang berbunyi antara lain seperti ini
He straftrecht is samengesteld uit die normen welke geboden en verboden bevatten en waaraan (door de wetgever) als sanctie straf, d. I een bijzonder leed, is gekoppeld. Men kan dus ook zeggen sat het strafrecht het normen stelsel is, dat bepaalt op welke gedragingen (doen of niet-doen waar handelen verplicht is) en onder welke omstandingheden het recht met straf reageert en waaruit deze straf bestaat”

Artinya : hukum pidana itu terdiri dari norma-norma yang berisi keharusan-keharusan dan larangan-larangan yang oleh pembentuk undang-undang telah dikaitkan dengan suatu sanksi berupa hukuman, yakni suatu penderitaan yang bersifat khusus. Dengan demikian dapat juga dikatakan, bahwa hukum pidana itu merupakan suatu system norma-norma yang menentukan terhadap tindakan-tindakan yang mana (hal melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu dimana terdapat suatu keharusan melakukan sesuatu) dan dalam keadaan-keadaan bagaimana hukuman itu dapat dijatuhkan, serta hukuman yang bagaimana yang dapat dijatuhkan bagi tindakan-tindakan tersebut.

Pengertian tersebut adalah pengertiaan hukum pidana material.

Menurut Prof W.P.J Pompe[2]
Het Strafrecht wordt, evenals het staatsrecht, het burgerlijk rech en andere delen van het recht, gewoonlijk opgevat al seen geheel van min of eer algemene, van de concrete omstandigheden abstraherende, regels”

Artinya : hukum pidana itu sama halnya dengan hukum tata Negara, hukum perdata dan lain-lain bagian dari hukum, biasanya diartikan sebagai suatu keseluruhan dari peraturan-peraturan yang sedikit banyak bersifat umum yang diabstrak dari keadaan-keadaan yang bersifat konkret’

Itulah pengertian hukum pidana.

(mohon komentar, kritik dan saran yang membangun)





[1] Lemaire, Hetrecht in Indonesia, hlm 145
[2] Pompe, leerboek hlm 1

0 komentar: