Artikel Menarik
Loading...
Wednesday, March 28, 2012

Info Post
Wajah-wajah penerima beasiswa yang hadir dalam seminar dan tidak ikut berdemo
           Lanjutan dari program beasiswa Fast Track yaitu bagi semua mahasiswa untuk melaksanakan seminar secara online maupun seminar regional sebanyak 2 kali setiap tahun. Kewajiban ini sebagai bentuk tanggungjawab mahasiswa penerima beasiswa untuk menyumbangkan hasil pikirnya kepada khalayak umum. Acara yang diselenggarakan di 6 universitas di Indonesia ini dilaksakan pertama kali secara online dengan koordinator pada tiap-tiap universitas, jadi semua fakultas-fakultas penerima beasiswa FT berkumpul. Pada pelaksanaan ini berbeda dari setiap kampus, seperti Undip sendiri misalnya memakai justin.tv untuk mengunggah video streamingnya. Dalam kesempatan ini ada 9 pemateri dari Undip yang semuanya memakai bahasa Inggris. Kewajiban memakai bahasa inggris inilah yang membuat seminar ini menjadi sedikit berbobot, karena mahasiswa jadi termotivasi untuk belajar lagi menggunakan bahasa inggris.
         Dalam seminar yang pertama ini masih banyak kekurangan diantaranya koneksi internet yang tersendat-sendat menjadikan unggah video tidak lancar. Selain itu juga masih belum jelas mengenai jadwal acara dan terkesan persiapan kurang. Terlepas dari itu semua ada mas Dani yang menjelaskan kepada peserta sehingga bisa dimengerti oleh peserta yang telah hadir memenuhi ruangan Magister Administrasi Publik gedung pasca sarjana Undip lantai 2. Ibu Retno selaku koordinator program Fast Track juga memberikan penjelasan dengan kekurangan dari acara ini.
           Konsep dari acara ini bagus kedepannya nanti apabila dipersiapkan dengan semaksimal mungkin dengan koordinasi yang baik antara pihak kampus, penyelenggara beasiswa dan juga mahasiswa yang menjadi penyampai dalam seminar ini. Dengan acara ini bisa menyiapkan mahasiswa kedepan nantinya dalam seminar proposal thesis. Selain itu tentu seperti diatas mahasiswa bisa melatih berbahasa inggris di depan kamera, karena di depan kamera dan tidak itu tentu berbeda rasanya. Melatih mental mahasiswa untuk berbicara kepada kalangan umum di dalam menyampaikan gagasannya.
             Dari acara ini yang saya sempat terfikirkan adalah mengenai persiapan acara ini yang sangat mepet, sehari sebelumnya kami belum menerima jadwal pasti tempat dan lokasi acara. Mungkin karena alur informasi dari Seamolec kepada mahasiswa melalui koordinator mahasiswa atau bahkan memang benar-benar singkat persiapannya. Ada guyonan yang menyentil, seminar ini diselenggarakan tanggal 27 Maret 2012 bertepatan dengan aksi mahasiswa besar-besaran menolak kenaikan BBM. Apa ini sengaja dipaksakan tanggal ini, karena bisa mengurangi berapa ratus mahasiswa untuk tidak mengikuti aksi tersebut. Entah mana yang pasti, yang pasti acara ini memberi manfaat bagi mahasiswa.
              Setelah seminar ini berlanjut dengan program Intelektual Social Responsibility (ISR) yaitu kewajiban mengajar ke berbagai sekolah menengah yang ada di kota dimana universitas penerima beasiswa FT ini berada. Akan saya ceritakan dalam blog saya agenda selanjutnya ini, dan semua kegiatan dari program Beasiswa Fast Track bisa dibaca selengkapnya di kategori Fast Track dalam blog saya ini. Sekian dan terimakasih

0 komentar: